Skip to main content

DVD RW Drive Tidak Terdeteksi Pada Windows 10

Upgrade ke Windows 10 mau tidak mau dilakukan, sehubungan beredarnya informasi dimedia, bahwa microsoft windows 7 pada awal tahun 2020, atau lebih tepatnya pada tanggal 14 Januari 2020 tidak mendapat dukungan atau tidak ada update perbaiakan apapun pada windows 7.

ketika saya menginstall windows 10 dengan menggunakan flashdisk, proses installasi berjalan sesuai yang diinginkan, tidak ada kendala apapun.

Dan masalah itu baru diketahui ketika saya akan menginstall sebuah aplikasi, dan aplikasi tersebut masih berada dalam sebuah DVD, akhirnya saya memasang DVD Room yang sebelumnya tidak saya pasang.

Setelah proses pemasangan DVD Room selesai, baru saya cek di biosnya, dan terdeteksi dengan baik, dan masalah baru diketahui, ketika sudak masuk windows 10, ternyata DVD Room yang saya pasang tidak terdeteksi oleh windows 10.

Sekilas saya merasa aneh, kenapa bios bisa mendeteksi, kenapa windows 10 tidak, apa yang salahnya. Setelah saya berusaha berulang - ulang, masih tetap gagal, akhirnya saya teringat dengan sebuah aplikasi repair DVD.

Aplikasi DVD Repair ini portable, jadi anda tidak usah menginstallnya. Penggunaannya juga termasuk sangat mudah sekali.

Langkah - langkah menggunakanya adalah sebagai berikut :
  1. DOWNLOAD Aplikasi DVD Repair
  2. Extract File yang didownload tadi
  3. Klik 2 kali sesuai Versi Windows yang anda pakai, disini saya menggunakan Windows 10 64 Bit, maka saya pilih yang 64 bit.
  4. Maka anda akan masuk ke aplikasi DVD Repair, lihat gambar dibawah ini:
  5. Setelah itu anda klik Repair DVD Drives, tunggu sampai selesai, jika sudah selesai close Aplikasi DVD Reapairnya, dilanjutkan dengan restart komputer anda.

Setelah melakukan restart komputer silahkan anda cek pada windows explorer, apakah drives DVD RW anda sudah muncul, jika berhasil, maka drives DVD RW anda akan tampil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar